Rabu, 02 November 2011

MENYIAPKAN DANA KURBAN

Berkurbanlah sebagai bukti cinta padaNYA.

Dari Aisyah Radhiyallahu’anha, Nabi saw bersabda, “Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai Allah dari Bani Adam ketika hari Raya Idul Adha selain menyembelih qurban...” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Hakim)

Beribadah kurban termasuk disunahkan dalam Islam. Ibadah kurban merupakan suatu ibadah anjuran yang digariskan oleh Islam, dan tentu saja kurban mempunyai nilai ganda. Selain bernilai ibadah yang memberikan ganjaran pahala bagi peserta kurban, lebih jauh memiliki arti penting dalam hubungan sosial kemasyarakatan.

Ibadah kurban mempunyai dua makna terpenting bagi seorang Muslim. Pertama, sebagai bukti kepatuhannya dengan merelakan sebagian harta yang dimilikinya, yang sesungguhnya itu merupakan titipan Allah SWT yang berasal dari rizki yang ditebarkan-Nya di muka bumi. Sebagai rasa syukur dan terima kasih atas nikmat kehidupan yang layak tersebut. Kedua, sebagai bukti semangat dalam dirinya untuk membantu saudara-saudara yang hidup dalam kesusahan. Sebab, sebagian besar hewan kurban itu, telah diikhlaskan oleh para peserta kurban untuk disumbangkan kepada mereka yang hidupnya kurang beruntung, dan berpenghasilan rendah.

Apakah Anda sudah menyiapkan dana kurban? Dana kurban idealnya dikeluarkan setiap tahun pada saat hari Raya Idhul Adha makanya sebaiknya masuk dalam perencanaan keluangan keluarga dan masuk dalam budget tahunan. Dananya didapat dari mana? Ya bisa menabung bulanan dari menyisihkan gaji, atau juga bisa diambil dari sisa THR, komisi , bonus akhir tahun, atau jika ada rejeki tambahan semestinya ditabungkan ke dalam tabungan kurban.
Sebetulnya jika punya niatan kuat untuk membuka tabungan kurban setiap bulannya kayaknya setiap umat muslim mampu berkurban. Sebagai gambaran jika harga kambing Rp 1.500.000/ekor , jika bagi hasil tabungan ekuivalen rate 2 %/tahun, maka setoran tabungan kurban kambing perbulan sekitar Rp 125.000/bulan atau Rp 4000 an /hari. Jika harga sapi 7 juta rupiah, maka tabungan yang perlu disiapkan sebesar Rp 600.000/bulan atau Rp 20.000/hari. Kalau kita berniat menyisihkan saya yakin bisa ya.

Selain itu usahakan pesan kambing kurban jauh-jauh hari sebelum hari raya Idhul Adha ke peternakan atau pesan dulu ke pedagang, karena kalau dekat -dekat hari raya Idhul Adha harga dah melonjak tajam. Kabarnya Idhul Adha sekarang harga kambing mengalami lonjakan tinggi hingga 30 %. Wah inflasinya tinggi sekali ya.

Syarat kurban menurut hadis Rasulullah SAW adalah hewan yang sehat, gemuk, dan bertanduk. Makanya pastikan membeli hewan yang sehat dilengkapi sertifikat dari Balai karantina atau dinas kesehatan setempat. Jangan hanya melihat harganya yang murah atau hewannya yang gemuk saja, tp pastikan kesehatannya biar berkah bagi yang memakannya.
Lalu, dana persiapan kurban sebaiknya disimpan dimana? Bisa dibuatkan rekening khusus tabungan kurban atau digabung ke rekening tabungan jangka pendek lainnya. Selain itu bagi yang mau berpartisipasi di tabungan kurban Bank Syariah yang biasanya bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat dalam program tebar hewan kurban juga bisa. Kurban akan dilaksanakan oleh mereka di daerah-daerah yang membutuhkan. Selain itu ada bagi hasil yang kompetitif bagi si penabung dibandingkan tabungan biasa.

Berikut ini alternatif tabungan kurban di salah satu Bank Syariah yaitu Tabungan Kurban BSM :
Manfaat:
• Pelaksanaan kurban dan aqiqah yang dikoordinir oleh Badan Amil Kurban yang berpengalaman.
• Harga hewan kurban sudah termasuk biaya penyaluran ke daerah yang membutuhkan.
• Kemudahan rencana/persiapan ibadah kurban & aqiqah
Fasilitas:
• Sertifikat dan bukti pelaksanaan ibadah kurban dan aqiqah.
• Setor on-line diseluruh cabang BSM.
• Bagi hasil.
Akad:
• Akad yang digunakan adalah akad mudharabah muthlaqah
• Mudharabah muthlaqah adalah akad antara pihak pemilik modal (shahibul maal) dengan pengelola (mudharib) untuk memperoleh keuntungan, yang kemudian akan dibagikan sesuai nisbah yang disepakati. Dalam hal ini, mudharib (bank) diberikan kekuasaan penuh untuk mengelola modal atau arah investasi.

Selamat hari Raya Idhul Adha 1432 H dan selamat berkurban. Semoga berkah, Amiin!

Tidak ada komentar: