Selasa, 19 Agustus 2008

Merdeka Adalah : ........ just uneg-uneg

Maaf rekan-rekan, postingan kali ini agak lain ni.

Tanggal 17 Agustus menyapa kembali. Rutinitas seremonial upacara, lomba-lomba anak-anak maupun ortu masih mewarnai negeri ini. Saya ingat waktu kanak-kanak dulu begitu gegap gempitanya menyambut 17an. Penuh dengan dinamika, mulai dari berpartisipasi di acara sekolah, lomba, pentas seni, dll. Kenangan.

Saya tidak ingin menyoroti tentang makna kemerdekaan seperti layaknya media. . Banyak media menuliskan negeri ini sebenarnya sudah merdeka 63 tahun tetapi masih terjajah. Kemiskinan masih merajalela, pengangguran merebak,dll. Biasalah isi media banyakan yang negative dari positif.. Saya hanya ingin bertanya pada diri sendiri apakah saya sudah merdeka? Mungkin pandangan saya tentang merdeka berbeda dengan Anda, gak apa kan? Tulisan ini hanya uneg-uneg belaka, Anda boleh setuju atau tidak.

Bagi kacamata saya merdeka adalah :
1. Memiliki biaya hidup yang cukup untuk 2 tahun tanpa bekerja pada orang
lain. Banyak yang bilang bekerja pada orang lain identik dengan perbudakan karena tetap saja eksploitasi manusia pada manusia lain.
2 tahun bagi saya angka yang cukup karena di masa 2 tahun ini orang akan berusaha bagaimana caranya memiliki passive income yang lebih banyak tanpa harus memikirkan biaya hidup lagi.

2. Mampu bangun bisnis dan berwirausaha. Mengapa? Karena bagi saya hanya wirausaha mandiri yang mampu membuat orang berjiwa merdeka, bebas dari kemiskinan dll. Yang jelas jalur cepat menuju kemerdekaan eh kebebasan financial.

4. Merdeka adalah dimana kita gak perlu impor barang dari luar, kita bisa produksi sendiri. Gak perlu makan diluar.. harus masak sendiri.

5. Merdeka adalah dimana kita gak harus bermacet ria setiap pagi dan sore, bisa kerja di rumah gak perlu rapi tanpa mandi pun jadi. Hhii

6 Apa lagi ya.. merdeka artinya kita gak perlu belanja ke swalayan asing karena pasar tradisional kita bersih, murah, dan higienis lagi. Saya ingat teman saya yang baru pulang dari India disana orang belanja ke pasar tradisional dan gak banyak mall. Bisa memperkaya pengusaha pribumi deh.

7. Merdeka artinya bisa berlibur sepanjang hari tanpa membebani suami maupun istri.
Nah lho.

Merdeka apalagi ya cirinya… pikirkan sendiri. Karena aku sedang bermimpi. Hiii

1 komentar:

Toto mengatakan...

Wah ... postingan ibu ... pas juga ya menurut saya, MERDEKA adalah bisa membantu orang yang sedang "kesusahan" kapan pun ada panggilan ... MERDEKA !!!!